Ciri-Ciri Deposito Paling Aman

author
3 minutes, 6 seconds Read

Produk simpanan deposito adalah alternatif tabungan yang ideal.  Akan tetapi kita harus tahu bahwa investasi online bukan hal mudah seperti kelihatannya. Maka dari itu anda harus mengetahui ciri ciri deposito aman lebih lanjut. Berikut ciri – cirinya.

Apa Saja Ciri-ciri Deposito Paling Aman?

 

1. Setoran Minimal

Sarana penyimpanan uang yang diadakan oleh bank biasanya disebut sebagai deposito karena sistem penyetoran ini dilakukan di awal. Banyak sekali ciri-ciri Deposito yang harus anda ketahui sebab deposito aman emang dapat disimpulkan dari berbagai jenis aspek dalam investasi.

Yang pertama adalah setoran minimal yakni ketika anda membuat rekening baru maka bank akan menetapkan harus ada setoran minimal demikian pula dengan deposito. Terdapat setoran minimal yang wajib Anda bayarkan yang pada umumnya syarat setoran awal ini minimal 5 juta.

 

2. Jangka Waktu

Seperti yang telah disebut sebelumnya bahwa deposito lebih mirip dengan tabungan berjangka yakni selama jangka waktu tersebut maka simpanan deposito tak bisa ditarik begitu saja. Berbagai jenis opsi jangka waktu ini adalah satu bulan atau kelipatan 3 bulan sampai 24 bulan.

Apabila deposito anda telah jatuh tempo namun anda belum memilih untuk melanjutkannya maka anda bisa memilih sistem perpanjangan otomatis atau biasa disebut dengan automatic roll over. Dengan sistem seperti itu deposito ada habis jangka waktu akan diperpanjang kembali.

Sistem yang satu ini akan terus berlaku sampai akhirnya Anda mencairkan dana deposito tersebut dengan begitu dana tersebut akan diakumulasi secara otomatis. Anda harus memperhatikan jangka waktu ini karena akan sangat berpengaruh ke penggunaan simpanan tersebut.

Contoh lainnya ketika anda memanfaatkan deposito sebagai dana darurat ada baiknya untuk memilih jangka waktu yang singkat seperti satu bulan lamanya. Adapun salah satu kelebihan deposito yakni cocok sekali untuk Anda yang sulit sekali menabung atau kesulitan hendak mengambil dana simpanan.

 

3. Pencairan Dana

tentunya dana deposito tak sembarang orang bisa mencairkan berbeda dengan tabungan. Ketika anda menentukan pilihan jangka waktu maka pencairan dana memang harus sesuai dengan waktu tersebut karena jika tidak Anda akan terkena denda yang berakibat bunga anda menjadi tidak utuh.

 

4. Bunga Deposito

Deposito yang aman tentu menawarkan bunga yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan. Hal ini tentunya masuk akal mengingat adanya batasan jangka waktu maka dari itu deposito dianggap sebagai satu diantara berbagai jenis instrumen investasi terbaik.

Walau begitu Anda harus mengetahui tentang tingkat suku bunga yang mana diatur oleh lembaga penjamin simpanan. Dengan investasi online anda akan memahami tentang Deposito yang aman secara langsung.

Perlu diketahui bahwa deposito termasuk ke dalam produk investasi dengan risiko yang rendah, hal ini karena mempunyai jaminan LPS serta bank yang menawarkan deposito bergantung pada anggota LPS. Jaminan ini berlaku apabila dana yang didepositokan di bawah 2 miliar dengan suku bunga tinggi.

Apabila dana dan suku bunga anda tidak melewati batas tersebut maka LPS akan menjamin dana deposito anda karena hal tersebut memang harus dilakukan. Deposito juga bisa menjadi aset yang bisa dijadikan sebagai jaminan kepada bank untuk memperoleh pinjaman walau tidak semua bank menerima agunan dalam bentuk tersebut.

Adapun deposito tergolong kepada produk kena pajak yang mana keuntungan yang akan Anda terima telah dipotong pajak sebesar 20% sehingga total keuntungan adalah 80%.

 

Rekomendasi Tempat Deposito Terbaik

BPR (Bank Perkreditan Rakyat) merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha dalam bentuk pembukaan rekening tabungan/deposito dan memberikan kredit.

Berdasarkan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), BPR memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan bank umum.

Melalui Komunal, seluruh BPR yang tergabung dalam LPS dapat melakukan pembukaan rekening deposito darimanapun melalui gadget Anda. Komunal DepositoBPR menghubungkan Anda dengan BPR dari berbagai kota di Indonesia, sehingga Anda dapat dengan mudah memilih beragam produk Deposito hanya dalam satu platform.

Keuntungan lainnya  :

1. DepositoBPR Online tanpa perlu ke Bank.
2. simpanan dalam bentuk deposito yang dijamin oleh LPS
3. Rendah Resiko & bunga yang lebih tinggi (hingga 6% p.a).
4. Depositobpr sudah tercatat & diawasi oleh OJK.

 

sumber : https://depositobpr.id/

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.