UPDATE Kecelakaan Maut di Balikpapan, Tewaskan 5 Orang, Diduga Truk Alami Rem Blong

author
2 minutes, 46 seconds Read

Kecelakaan maut terjadi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur terekam CCTV. Kejadian nahas tersebut terjadi di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Balikpapan pada Jumat (21/1/2022) pagi. Dalam rekaman CCTV memperlihatkan sebuah truk kontainer menabrak belasan kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah.

Dikutip dari , dalam rekaman CCTV di detik 20, truk jenis fuso KT 8534 AJ yang dikemudikan pria bernama Muhammad Ali (48) berkelok kelok menghindari pengendara dari turunan Muara Rapak ini. Sedetik kemudian, barulah terlihat truk tersebut datang melibas semua kendaraan yang tengah menunggu traffic light. Truk kontainer berkelir merah ini melaju kencang dari arah jalan menurun menuju traffic light Muara Rapak, terlihat kendaraan roda dua dan empat tanpa ampun di libas kendaraan berat ini.

Diduga, truk tersebut mengalami rem blong, sehingga menabrak pengendara. Kerasnya benturan juga terlihat membuat para pengendara baik mobil maupun motor terpental beberapa meter dari traffic light Muara Rapak. Dari data sementara pihak kepolisian, 6 unit kendaraan roda 4 terlibat insiden ini.

Dikutip dari , terkait kejadian ini, data sementara, lima orang dinyatakan meninggal dunia di tempat dan puluhan orang mengalami luka luka. Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan menekankan untuk penyelamatan warga terlebih dahulu sebelum evakuasi kendaraan. "Lalu kita evakuasi juga kendaraan yang terlibat di laka lantas tersebut, dan kita lakukan pengaturan lalu lintas," katanya, dikutip dari .

Hingga kemudian, kata Sonny, arus lalu lintas berangsur normal dan gerak kendaraan kembali lancar seperti pada kebiasaanya. Sonny menegaskan, pihaknya kini masih mendata jumlah korban dan kendaraan yang terlibat dalam peristiwa laka maut tersebut. Adapun sementara, pihaknya menduga bahwa kecelakaan tersebut diduga akibat truk kontainer yang mengalami rem blong.

Ditambah dengan kondisi jalan yang menurun, mengakibatkan kendaraan yang berhenti di belakang garis lampu apill, terlibas truk bermuatan yang hilang kendali tersebut. Soal supir truk, belum diketahui identitas dan darimana ia berasal. Hanya saja, Sonny memastikan, sopir truk sudah diamankan kepolisian.

"Sopir truknya saat ini sudah diamankan di Satlantas Polresta Balikpapan. Jadi untuk data lengkapnya masih didalami dan perkembangan akan kita sampaikan," tandasnya. Masih dikutip dari , Wasirah salah seorang korban selamat memberikan keterangan. Pada saat kejadian, dirinya hendak pergi ke Pasar Pandansari.

Sesampainya di trafic light turunan Muara Rapak dirinya berhenti. Tak lama kemudian, dari atas turunan terdengar benturan yang keras. Truk kontainer menabrak sejumlah kendaraan yang lagi menunggu trafic light.

"Brukk, nyaring bunyinya, waktu itu posisi motor saya bagian depan dekat traffic light agak kiri jadi gak terseret truk, hanya terserempet kendaran lainnya," ujar Wasirah. Wasirah tidak melihat dengan jelas, kendaraan mana yang lebih dulu dihantam truk kontainer. Hanya saja, kata Wasirah, ada banyak kendaraan yang dihantam.

Sebab, pada saat itu sudah ramai kendaraan roda dua dan roda empat yang tengah menunggu antrean lampu merah di traffic light turunan simpang Muara Rapak. "Alhamdulillah, saya masih diberi keselamatan, hanya lecet di bagian kaki," terangnya. Sementara itu, salah seorang warga yang pada saat kejadian, Bakaran, berada di Masjid Al munawar mendengar bunyi benturan keras.

Setelah dilihat, kondisi kendaraan sudah berserakan dan banyak korban tergeletak berada di tengah jalan. "Banyak, ada juga yang tergeletak di traffic light," ucapnya. Kata Bakaran, posisi truk kontainer ini juga turun langsung dari turunan Rapak hingga samping Masjid Al munawar, baru bisa dihentikan.

"Ada satu motor yang tersangkut di bawah truk, gak tahu korbannya masih hidup atau gak, karena waktu saya keluar masjid sudah gak ada orang di bawah truk kontainer itu," jelasnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.